webscrapping menggunakan Python

 Assalamualaikum teman teman...

Disini saya akan membuat tutorial tentang Webscrapping dengan menggunakan bahasa Phyton, monggo disimakkk...

Langkah pertama yaitu anda harus mempunyai aplikasi Python atau seperti saya menggunakan PyCharm. Lalu buka aplikasi PyCharm dan buatlah New Project (disini saya beri nama test).



Setelah membuat Project lalu klik kanan pada project lalu klik New Python file (disini saya beri nama run.py).

Setelah itu klik kanan lagi pada project dan klik New lalu Directory, untuk menyimpan hasil dari Webscrapping (disini saya beri nama hasil).

Setelah itu ketik Script pada jendela run.py.
Untuk penjelasan script silahkan melihat pada tutorial youtube yang link nya saya cantumkan dibawah 
https://youtu.be/A0A3Z-ZNrCw

Script :


import requests

import csv


key = input('masukkan keyword :')

write = csv.writer(open('hasil/{}.csv'.format(key), 'w', newline=''))

header = ['Nama', 'Harga', 'Stok']

write.writerow(header)


url = 'https://api.bukalapak.com/multistrategy-products'

count =0

for page in range(1,11):

    parameter = {

    'prambanan_override': True,

    'keywords': key,

    'limit': 50,

    'offset': 50,

    'page': page,

    'facet': True,

    'access_token': 'ShDxluE7X_-hrSyul6EY5arev9xtq0WgPfpkXk-pq_T_XA'

    }


    r = requests.get(url, params=parameter).json()


    products = r['data']

    for p in products:

        nama = p['name']

        harga = p['price']

        stok = p['stock']

        count+=1

        print('No :',count, 'nama :',nama, 'harga :',harga, 'stok :', stok)

        write = csv.writer(open('hasil/{}.csv'.format(key), 'a',newline=''))

        data = [nama, harga, stok]

        write.writerow(data)


Setelah memasukkan script lalu cobalah untuk menjalankan script dengan klik Run. Makan hasil dari webscrapping akan muncul seperti ini

Dan juga hasil dari scraping diatas akan otomatis tersimpan dengan file .csv dalam directory hasil.

Seperti itulah hasil dari webscrapping dari bukalapak, terima kasih sudah membaca tutorial dari saya,

untuk lebih jelasnya anda bisa lihat dari video tutorial ini https://youtu.be/A0A3Z-ZNrCw.

Komentar

Postingan Populer